Karang Taruna..Integritas, Kreativitas, Kesederhanaan

Sunday, October 31, 2010

Karang Taruna..
Suatu organisasi di tingkat perumahan yang para anggotanya pun terdiri dari remaja sekitar yang perduli dengan lingkungan tempat tinggalnya. Ya, kami anak-anak muda yang berkumpul, bercanda, sekaligus bekerja keras bersama secara sukarela. Menjadi seksi sibuk di setiap acara yang dibuat para petinggi RT, tanpa meminta imbalan apapun selain sesuatu yang kami namakan persahabatan.

Sudah 2 tahun ini saya menjadi ketua karang taruna di RT tempat saya tinggal. Tadinya saya pikir untuk mengepalai organisasi ini adalah tugas yang gampang. Ternyata, setiap sisi kehidupan yang dijalani memang tidak mungkin dijalani tanpa kendala, termasuk karang taruna. Setiap saat saya harus berhadapan dengan 2 pihak yang secara ego pasti bertentangan, para petinggi RT dan anggota karang taruna itu sendiri. Di satu sisi, saya harus bisa jadi orang yang bisa menjalankan program kerja RT yang sudah diamanatkan kepada karang taruna, di sisi yang lain saya harus bisa mengerti dengan keadaan anggota yang lain kapan mereka bisa bekerja dengan optimal. Win win solution harus selalu bisa diberikan setiap saat.

Tantangan terbesar muncul dari dalam diri. Bagaimana menyatukan banyak kepala untuk meraih tujuan bersama. Lebih dari itu, bagaimana menyatukan hati untuk merasa bahwa ini adalah rumah kedua.

Beruntung, dibelakang saya terdapat manusia-manusia hebat yang terus berkembang. Tidak terkekang oleh suatu pola, bahkan berusaha berinovasi di luar kotak. Terus belajar untuk lebih maju, menyerap yang mengangkat kualitas diri, menjauhi yang menjatuhkan martabat. Meluangkan sedikit ruang di hati untuk menerima keluarga baru, mempererat yang sudah ada, mengajak yang lain untuk berjalan bersama. Kesederhanaan tetap dijunjung tinggi, karena kebahagiaan tidak dibangun diatas tumpukan harta.

Itulah mengapa kami membangun semua ini di atas suatu integritas yang membuat kami satu, mengembangkan kreativitas untuk selalu mencari yang baru, namun tetap rendah hati untuk menerima pembelajaran.

Banyak pelajaran yang bisa diambil untuk melengkapi diri. Banyak nilai yang bisa diresapi untuk melunakkan kekerasan hati. Banyak pengalaman yang bisa digenggam untuk menghadapi tantangan di depan.

Hanya disini..di Karang Taruna kami..


(special for all my fellas..Fajar Armanda, Muhammad Rizky Affan, Muhammad Rizky Khairi, Arsala Rizki, Frizka Efha Septilaviani, Frima Swastika Agtilaviani, Umi Shara, Nuke Amanda Mahar Putri, Galih Fitraditya, Rahadian Rully)


0 comments:

Post a Comment